Rabu, 08 Juni 2016

Hindu kaharingan kini menjadi muslim mualaf

Bismillahirrahmanirrahim.


Apem Adenan namanya...
"Sudah sekitar 10 tahun ini saya menyimpan niat untuk masuk islam"
Ibu Eguh " beliau sudah beberapa kali menyampaikan ke anaknya keinginginan untuk masuk islam"


Selasa pagi sekitar jam 08.00 WIB 7 Juni 2016 M/ 2 ramadhan 1437 H.
Pak Pri nama panggilan beliau, beliau juga asal agamanya hindu kaharingan lalu masuk islam, sudah lama keislaman beliau dan baik.

pagi itu beliau mendatangi ana dan bercerita bahwa beliau punya ibu yang masih beragama hindu kaharingan, dan ibu saya ini sudah beberapa kali menyampaikan kesaya tentang keinginannya untuk masuk Islam. Namun disini tidak ada ust...
Dan beliau ini ada kekurangannya, tidak terlalu bisa mendengar, sehingga kalau berbicara dengan beliau harus dengan suara yang nyaring atau berteriak.
Bagaimana menurut ust...apabaiknya ?

Ana sampaikan alhamdulillah jika beliau punya keinginan seperti itu...harus secepat mungkin untuk kita segera memproses keinginan itu jangan lambat, dan mumpung beliau masih sehat, kalau bisa hari ini !
Apakah beliau bisa membaca !? Kata ana

tidak, Beliau tidak bisa membaca juga, karena memang orang-orang tua jaman dulu jarang ada yg bisa membaca. Kata Pak Pri
Penyakitnya itu sedari beliau masih muda beliau sudah tidak bisa mendengar...tapi kalau berbicara beliau bisa, bilang apa...bisa, seperti beliau sampaikan keinginannya untuk masuk islam, bisa.

sebetulnya hari itu juga ana bersama beliau mau berangkat. Namun beliau menyarankan untuk besok saja ( rabu 8 juni 2016 ) karena ingin menghubungi saudaranya yg lain agar ikut menyaksikan besok.

Okelah Insya Allah besok harus pagi kita kerumah beliau, kita usahakan bagaimanapun caranya agar bisa dengar, atau dengan cara yg lain. Sahut ana

Apakah ada yg lain lagi mau masuk islam ? Kata ana
Ada, saudara bapak saya....kata beliau,
Beliau ini pernah menyampaikan juga niatnya untuk masuk islam. Coba besok saya ingatkan keinginannya itu...sekalian bersama ibu saya kalau beliau mau.

Pagi ini kurang lebih sekitar jam 07.00 WIB ana bersama pak pri berangkat menuju rumah saudara perempuannya yg tempat untuk mengislamkan mereka.

sesampainya kami dirumah...ana pun berkumpul bersama saudara-saudaranya yg muslim, kami menunggu kurang lebih setengah jam...pak pri pun menemui Pak Apem Adenan memberitau bahwa ibunya masuk islam sudah ada ustadznya yg mengislamkan...
Pak Apempun menyatakan dirinya mau masuk islam juga.
Tidak lama setelah kedatangan Pak Pri...
Kemudian datanglah pak Apem Adenan...
Beliau disambut saudara-saudaranya yang lain...sungguh kejadian yg sangat mengharukan sekali saat itu, dimana saudara-saudaranya menangis terharu, gembira akan kedatangan, keinginan beliau dengan sendirinya sama sekali tidak ada paksaan atau tekanan dari yg lain untuk masuk islam.
Ana sendiri tidak bisa menahan...hingga kedua mata ini meneteskan air mata.
Setelah semuanya sudah siap.
Anapun mulai mengislamkan Pak Apem Adenan.
Alhamdulillah untuk mengislamkan beliau atau mengajari beliau 2 kalimat syahadat tidak begitu susah. Karena memang usia beliau tidak begitu tua dan masih bisa sedikit bahasa indonesia.

Setelah beliau selesai anapun langsung beralih ke Ibu Eguh ( usia beliau tidak kurang dari 72 tahun kata pak pri ), sebagaimana ana sudah tau kondisi beliau tidak bisa mendengar dan tidak bisa membaca. Kitapun sudah berusaha...
yg akhirnya mengislamkan beliau dengan tulisan...

Perlu kami sampaikan juga...sebelumnya kami sudah konsultasi kpd para asatidzah terkait cara mengislamkan keadaan orang yg kondisinya seperti diatas.
Intinya, bisa mengislamkan dengan tulisan

Wallahu a'lam

Setelah selesai semuanya kami islamkan, tidak lupa juga kami sampaikan mengenai rukun syahadat, syarat-syaratnya serta pembatal-pembatal syahadat.

Alhamdulillahirobbil'alamin

Muhammad Rifqi
DA'I YPAS JAKARTA TIMUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar