Rabu, 12 April 2017

Pengaruh-pengaruh jelek akibat maksiat


Pengaruh-pengaruh jelek karena maksiat

💡 Ketahuilah, dampak dari kemaksiatan adalah kejelekan-kejelekan yang tercela, mudharat pada hati, badan, didunia dan akhirat yang kejelekan dan kemudharatannya sangat banyak yg hanya diketahui oleh Allah _ta'ala_

🕳 Diantara dampak jeleknya adalah :

🔥 Diharamkan ilmu.
Karena ilmu adalah cahaya yang di berikan oleh Allah pada hati, sedang maksiat memadamkan cahaya itu.
Tatkala al Imam asy Syafi'i duduk dihadapan al Imam Malik, beliau membaca kepadanya beberapa ilmu, beliau [ al Imam Malik ] ta'jub akan kecerdasan, kecepatan hafalan, serta kesempurnaan pemahaman al Imam sya Syafi'i, maka berkata al Imam Malik :
"sungguh saya melihat Allah memberikan cahaya ilmu pada hatimu, maka janganlah engkau padamkan dengan kegelapan maksiat".

Dan berkata al Imam Syafi'i rahimahullah :
"aku mengeluhkan kepada wakî' tentang jeleknya hafalanku, maka beliau memberi petunjuk agar meninggalkan maksiat".

Lalu beliau berkata :
اعلم بأن العلم فضل وفضل الله لا يؤتاه عاص
"Ketahuilah, bahwa ilmu adalah keutamaan, dan keutamaan Allah tidak diberikan kepada pelaku maksiat".
📚 [ lihat : dîwâni asy syafi'i ( 45 ), al fawâid al bahiyyah ( 322 ) dan syarah tsalâtsîât al musnad ( 1/ 967 )

🔥 Diharamkan rizqi
📚 Didalam musnad ( 5 / 277 ) dari hadits Tsaubân ; beliau berkata : rasulullah _shallallahu 'alaihi wasallam_ bersabda : "sesungguhnya seseorang diharamkan rizqi karena dosa yang ia terjatuh padanya".

📚 [ diriwaatkan juga Ibnu Majah ( 4022 ) al Hakim ( 1/ 493 ) Ibnu Abi Syaibah ( 10 / 442 ) dan al Baghawi dalam syarhus sunnah ( 13 / 6 )
Sebagaimana dengan taqwa bisa mendatangkan rizqi, maka meninggalkan taqwa akan menyebabkan kefaqiran.

🔥 disulitkan semua urusan;
Maka, tidaklah seseorang hendak meraih suatu perkara melaikan disulikan untuk mendapatkannya serta tertutupnya semua jalan !!
Sebagaimana halnya dengan taqwallah akan menyebabkan mudahnya segala urusan. Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan menjadikan segala urusannya mejadi mudah.
☝ namun siapa yg meninggalkan taqwallah, maka Allah jadikan segala urusannya sulit.

🔥 Kegelapan pada hati.
Karena keta'atan adalah cahaya dan maksiat adalah kegelapan, maka setiapkali terjatuh dalam kemaksiatan semakin bertambah kegelapan pada hatinya, dan semakin kuat serta bertambah kebingungannya, hingga pada akhirnya ia tejatuh dalam kebid'ahan, kesesatan, dan perkara-perkara yg membinasakan dalam keadaan dia tidak merasakannya.
Berkata Abdullah bin Abbas _radhiallahu 'anhuma_ : sesungguhnya bagi kebaikan-kebaikan cahaya pada wajah, nur pada hati, melapangkan rizqi, menguatkan badan, menyebabkan kecintaan pada hati makhluk.
Dan sesungguhnya bagi kejelekan-kejelekan akan menghitamkan wajah, kegelapan pada hati, melemahkan badan, mengurangi rizqi, dan menyebabkan kemurkaan pada hati makhluk.

🔥 Melemahkan hati dan badan.
Adapun kelemahan pada hati adalah perkara yang sudah dimaklumi, bahkan kelemahan ini tidak akan hilang sampai hilang kehidupannya secara keseluruhan !
Adapun kelemahan pada badan; sesungguhnya seorang muslim sumber kekuatannya dari hatinya, setiapkali hatinya kuat, maka akan kuat badannya.

Adapun orang-orang fājir-walaupun kuat badannya-hakikatnya mereka manusia yang paling terlemah !!

🔥 Memendekan umur, dan menghapus barokah !
Karena kebaikan menambah umur, maka begitupula kemaksiatan akan mengurangi umur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar