Sabtu, 20 Mei 2017

Al-Qur'an petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa


💡 Makna al-Qur'an petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.

Allah _subhanahu wata'ala_ berfirman :

ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ (2)

"Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa".( al Baqarah : 2 )

As-Saddi meriwayatkan dari Malik, dari Abu Shaleh. dari Ibnu Abbas; As-Saddi juga meriwayatkannya dari Murrah Al-Hamadani, dari Ibnu Mas'ud dan darisejumlah sahabat Rasulullah _shallallahu alaihi wasallam._  mengenai makna hudal lil muttaqin.
Makna yang dimaksud ialah : cahaya bagi orang-orang yang bertakwa.

Abu Rauq meriwayatkan dari Dahhak, dari Ibnu Abbas mengenai hudal lil muttaqin. Ia mengatakan bahwa mereka adalah : orang-orang mukmin yang menjauhkan diri dari kemusyrikan terhadap Allah, dan mereka selalu beramal dengan taat kepada-Nya.

💎 Sedangkan makna orang-orang yang bertaqwa adalah :

🕋 Muhammad ibnu Ishaq meriwayatkan dari Muhammad ibnu Abu Muhammad maula Zaid ibnu Tsabit, dari Ikrimah atau Sa'id ibnu Zubair, dari Ibnu Abbas mengenai makna al-muttaqin. Ibnu Abbas mengatakan bahwa mereka adalah : orang-orang yang takut terhadap siksaan Allah dalam meninggalkan hidayah yang mereka ketahui, dan mereka mengharapkan rahmat-Nya dalam membenarkan apa yang didatangkan-Nya.

Sufyan As-Tsauri menceritakan dari seorang lelaki, dari Al -Hasan Al-Basri mengenai firman-Nya, "lil muttaqin." Al-Hasan mengatakan bahwa mereka adalah : orang-orang yang memelihara diri dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah dan menunaikan hal-hal yang telah difardukan-Nya.

Abu Bakar ibnu Iyasy mengatakan bahwa Al-A'masy pernah bertanya kepadanya mengenai makna al-muttaqin. Maka dijawabnya, "Tanyakanlah masalah ini kepada Al-Kalbi." Dia menanyakan kepada Al-Kalbi, dan Al-Kalbi menjawab bahwa mereka adalah : orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar.

Kemudian Abu Bakar ibnu Iyasy berkata lagi, "Ketika aku merujuk kepada Al-A'masy mengenai apa yang dikatakan oleh Al-Kalbi, ternyata Al-Kalbi mempunyai pendapat yang sama denganku dan tidak memprotesnya."

🕋 Qatadah mengatakan bahwa *muttaqin* adalah :

orang-orang yang disebut di dalam firman Allah _subhanahu wata'ala_ pada ayat berikutnya:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ

_"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan salat."_(Al-Baqarah: 3)

Ibnu Jarir _rahimahullah_ berpendapat bahwa makna ayat adalah : mencakup semua yang telah dikatakan oleh pendapat-pendapat di atas.

♡<~~>♡

Tidak ada komentar:

Posting Komentar