Selasa, 23 Juli 2019

Islam agama yang paling sempurna


Kalau kita lihat dalam masalah Buang air besar dan kecil ( berak dan kencing ) sekedar hanya masuk wc, duduk lalu berak atau kencing kemudian cebok, keluar WC selesai.



Subhanallah...Islam agama yang paling sempurna sebagaimana firman Allah ta'ala :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا

"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian, dan telah Kucukupkan kepada kalian nikmat-Ku. dan telah Ku­ridai Islam itu jadi agama bagi kalian". [QS. Al-Maidah; 3]

Ini merupakan nikmat Allah yang paling besar kepada umat ini, kare­na Allah telah menyempurnakan bagi mereka agama mereka; mereka tidak memerlukan lagi agama yang lain, tidak pula memerlukan nabi lain selain nabi mereka; semoga shalawat dan salam terlimpahkan ke­padanya. Karena itulah Allah menjadikan beliau Shalallahu'alaihi Wasallam sebagai nabi terakhir yang diutus-Nya untuk manusia dan jin. Tiada halal selain apa yang dihalalkannya, tiada haram kecuali apa yang diharamkannya dan tiada agama kecuali apa yang disyarjatkannya. Semua yang ia beritakan adalah benar, tiada dusta dan tiada kebohongan padanya. [ lihat tafsir ibnu katsir ]

Dan tidaklah Beliau wafat 'alaish sholatu wasalam kecuali beliau telah jelaskan kepada ummat ini apa yang dibutuhkan oleh mereka. sampai-sampai Abu Dzar radhiallahu 'anhu berkata :
" Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak meninggalkan seekor burungpun yang sedang mengepakkan sayapnya di langit kecuali beliau sampaikan ilmunya kepada kami"[ Lihat Musnad Imam Ahmad 5/163 ]

Dan berkata seorang dari kalangan musyrikin kepada Salman Al Farisi radhiallahu 'anhu; "apakah nabi kalian mengajarkan segala sesuatu  sampai adab buang hajat ?! maka beliaupun menjawab : ia, sungguh beliau telah melarang kami berak dan kencing menghadap kerarah kiblat, melarang kami intinja' kurang dari tiga batu, melarang kami intinja' dengan tangan kanan, melarang kami intinja' dengan  menggunakan kotoran binatang atau tulang" [ lihat shahih muslim, kitab thaharoh, bab : al istithobah ]

Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah menjelaskan seluruh agama ini, baik dengan ucapan, perbuatan, ketetapan, atau memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan, dan perkara yang paling besar yang disampaikan oleh beliau adalah TAUHID.

Kita kembali pada permasalahan buang air besar: di sana banyak seharusnya yang di ketahui setiap muslim dan muslimat, di antara hal tersebut :

1. Adab ketika masuk WC, bagaimana posisi yang utama saat duduk di dalam WC, dan ketika keluar darinya.

2. Bagaimana cara membersihkan najis yang keluar dari dua jalan.

3. Dengan apa yang paling utama membersihkan najis, dan apa saja yang dapat menggantikan kedudukannya. ?

4. Apa makna إذا دخل الخلاء ؟

 5. Apa pendapat para sahabat dan para imam-imam dalam permasalahan ini ? dll dari faidah yang hanya bisa kita dapatkan dari belajar ilmu fiqih.

☆ Dengan melihat satu dari permasalah ini saja, menjadikan kita bangga dengan agama kita islam, agama sempurna, penyempurna dari agama-agama sebelumnya.

الحمد لله رب العالمين

Muhammad Rifqi ad Dayakki al kalimantani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar