Senin, 10 Oktober 2016

Lisanmu ibadahmu


🚦 *Katakanlah wallahu a'lam*

🚧 Termasuk adab seorang muslim tidak mengatakan dalam perkara agama dan ibadah tidak pula masuk didalamnya tanpa ilmu.

Imam dārul hijrah al Imam Malik pernah ditanya oleh seseorang tentang 40 permasalahan, maka beliau menjawab hanya 4 pertanyaan darinya, dan beliau mengatakan dari sisa permasalahan yg ditanyakan kpd beliau : aku tidak mengetahui, maka berkatalah orang tersebut :
Aku mendatangimu dari sini & sini dengan berkendaraan sedang engkau mengatakan : aku tidak mengetahui ?
Maka Imam berkata kepadanya :
Naiklah kendaraanmu, kembalilah ke tempat yg engkau datang darinya, dan katakan :
Aku telah bertanya kpd Malik maka dia berkata : aku tidak mengetahui !!

Begitu pula apa yg telah dicontohkan oleh para shahabat radhiyallahu anhum ajmai'n apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalam bertanya kpd mereka tentang sesuatu yang mereka tidak mengetahuinya, mereka mengatakan :
Allah dan Rasul-Nya yg mengetahui.
Mereka tidak semangat untuk menjawab dalam perkara yg mereka  tidak mengetahui hukum-hukumnya.
Sungguh dalam perkara ini, yaitu berkata atau berfatwa tanpa di dasari diatas ilmu sangat berbahaya sekali.

Allah subhanahu wata'ala telah mengingatkan tentang hal ini dalam firman-Nya QS. (Al-'Isrā'):36 *_Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya._*

💡 Jagalah ucapanmu, telitilah, jangan engkau tergesa-gesa dalam hukum-hukum syareat tanpa ilmu, katakanlah : aku tidak mengetahuinya, dalam perkara yg betul-betul engkau tidak mengetahuinya.

Semoga Allah senantiasa membikan taufiq-Nya serta membimbing kita diatas apa yg dicintai dan diridhoi oleh-Nya, Aamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar