Sabtu, 26 Agustus 2017

Bersihkan hati dari penyakit dengki...


Hasad adalah :

Seseorang tidak senang apa yang Allah anugerahkan nikmat kepada selainnya, Atau seseorang berharap hilangnya nikmat Allah kepada selainya.

Seperti seseorang tidak senang Allah berikan kepada orang lain dengan harta, anak keturunan, istri, ilmu, ibadah, dan selain dari itu, dari berbagai macam kenikmatan.

Sifat hasad/ dengki merupakan sifat kaum yahudi, sebagaimana Allah telah kabarkan kepada kita dalam al-Qur'an surat al-baqarah :109
Allah _subhanahu wata'ala berfirman_ :

وَدَّ كَثِيرٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يَرُدُّونَكُم مِّن بَعْدِ إِيمَانِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِّنْ عِندِ أَنفُسِهِم مِّن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْحَقُّ ۖ فَاعْفُوا وَاصْفَحُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


_"Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."_( al-Baqarah : 109 )

Di dalam ayat yang mulia ini,  Allah _subhanahu wata'ala_ memperingatkan hamba-hamba-Nya yang mukmin agar waspada terhadap tingkah laku orang-orang kafir dari kalangan Ahli Kitab. Dia memberitahukan kepada mereka akan permusuhan orang-orang Ahli Kitab itu terhadap diri mereka, baik secara lahir maupun batin.

Juga diberitahukan oleh Allah _subhanahu wata'ala_ bahwa di dalam hati mereka (Ahli Kitab) memendam bara kedengkian terhadap kaum mukmin, padahal mereka mengetahui keutamaan kaum mukmin atas diri mereka dan keutamaan Nabi kaum mukmin atas nabi-nabi mereka.

Di dalam ayat yang lain Allah Azza wa Jalla mengkhabarkan :

أَمْ يَحْسُدُونَ النَّاسَ عَلَىٰ مَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ ۖ فَقَدْ آتَيْنَا آلَ إِبْرَاهِيمَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَآتَيْنَاهُم مُّلْكًا عَظِيمًا.

_"ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar"_(an-Nisa : 54 )

Yakni, dengki mereka kepada Nabi Muhammad _shallallhu alaihi wasallam._ yang telah dianugerahi kenabian yang besar oleh Allah _subhanahu wata'ala._  dan hal ini yang menghambat mereka untuk percaya kepada Nabi Muhammad _shallallahu alaihi wa sallam_. ialah rasa dengki mereka terhadapnya, mengingat Nabi _shallallahu alaihi wasallam_ dari kalangan bangsa Arab, bukan dari kalangan Bani Israil.

Saudaraku yang dirahmati Allah, berikut diantara kerusakan yang timbul karena penyakit hasad ini :

✅ Tasyabbuh terhadap orang-orang yahudi

✅ Betapa jeleknya jiwa orang yang hasad, karena dia tidak mencintai milik saudaranya (sesama muslim) seperti ia mencintai miliknya sendiri.
Sebab seseorang yang tidak ada penyakit hasad pada dirinya niscaya dia tidak akan hasad sedikitpun kepada manusia, bahkan dia akan senang.

✅  Hakekat orang yang hasad menentang taqdir Allah, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberikan nikmat kepada seseorang, maka kapan seseorang tidak senang dengan hal itu, sungguh hakekatnya dia tidak senang dengan apa yg telah ditaqdirkan oleh Allah.

Semoga Allah senantiasa memberikan taufiq-Nya kepada kita semua, Aamiin ya Rabba'alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar