Kamis, 22 Agustus 2019

Istighfar dan taubat


Kemarau dan kekeringan di bumi penyang hinje simpei katingan. hingga pada sebagian tempat sudah lama tidak hujan.



Setidaknya para imam khathib mengingatkan masyarakat melalui khathbah jum'at ini. perbanyak ISTIGHFAR, TAUBAT DAN KEMBALI KEPADA ALLAH.

Tinggalkan kesyirikan
Tinggalkan kuburan yang dipertuhankan
Tinggalkan pepohonan yang  dikeramatkan

Disebutkan dalam sebuah atsar, seseorang pernah datang kepada al Imam al Hasan al Bashri rahimahullahu ta'ala mengeluh kepada beliau kekeringan, lalu beliau berkata :
Istighfarlah kepada Allah
lalu datang lagi orang lain mengeluhkan kepada beliau kefaqiran, lalu beliau berkata :
istighfarlah kepada Allah

lalu datang lagi orang lain mengeluhkan kepada beliau kekeringan pada ladang, lalu beliau berkata :
istighfarlah kepada Allah

lalu datang lagi orang lain mengeluhkan kepada beliau tidak punya anak, lalu beliau berkata :
istighfarlah kepada Allah.

lalu beliau membacakan ayat;

{فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا}

maka aku ( Nuh ) berkata (kepada mereka),' Mohonlah ampunan kepada Tuhan-mu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu.” (Nuh: 10-11)

Dikeluarkan oleh at Tirmidzi dan selainny, dari hadits Yasâr secara marfû', Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

《من قال : أستغفر الله العظيم الذي لا إله إلا هوالحي القيوم وأتوب إليه غفرت ذنوبه وإن كان فر من الزحف.》

Barang siapa yang mengatakan ;
أستغفر الله العظيم الذي لا إله إلا هوالحي القيوم وأتوب إليه
Maka Aku ( Allah ) ampuni dosa-dosanya walaupun dosanya seperti orang yang lari dari musuh. ( lari dari musuh yang banyak dimedan pertempuran merupakan dosa besar ) 

وقال المباركفوري في مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح 8/60 : وإن كان قد فر أي هرب من الزحف

قال الطيبي : الزحف الجيش الكثير الذي يرى لكثرته كأنه يزحف . قال في النهاية : من زحف الصبي إذا دب على استه قليلا قيلا . وقال المظهر : هو اجتماع الجيش في وجه العدو . أي فر من حرب الكفار حيث لا يجوز الفرار بأن لا يزيد الكفار على المسلين مثلي عدد المسلمين ولا نوى التحرف أو التحيز .
والله أعلم .

Maka ini menunjukkan bahwa sebagian dosa-dosa besar dihapus karena sebagian dari amal sholeh yang di amalkan.

Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

وَالَّذِينَ إِذا فَعَلُوا فاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ، وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ، وَلَمْ يُصِرُّوا عَلى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

_"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari Allah?, Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedangkan mereka mengetahui"._ (Ali Imran: 135)

Yakni apabila mereka melakukan suatu dosa, maka mereka mengiringinya dengan tobat dan istigfar (memohon ampun kepada Allah).

Maka Allah sebutkan pada firman-Nya selanjutnya, balasab yang mereka dapatkan dari mengamalkan ISTIGHFAR :

أُولئِكَ جَزاؤُهُمْ مَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهارُ خالِدِينَ فِيها وَنِعْمَ أَجْرُ الْعامِلِينَ

_"Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedangkan mereka kekal di dalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal"._

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda ; sebagaimana hadits datang dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu :

أبي هريرة قال: سمعت رسول الله ﷺ يقول: والله إني لأستغفر الله وأتوب إليه في اليوم أكثر من سبعين مرة، رواه البخاري

Demi Allah, sungguh aku istighfar kepada Allah dan taubat kapada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali. HR. Bukhari

Dan ketahuilah bahwa IBLIS senantiasa berusaha menyesatkan anak adam, Namum Allah ta'ala senantiasa mengampuni dosa dan kesalahan hamba, selama ia taubat dan istighfar. sebagaimana telah datang riwayat dari al Imam Ahmad dalam musnad beliau, dari Abu Sa'id, dari Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam yang telah bersabda:

«قَالَ إِبْلِيسُ: يَا رَبِّ وَعِزَّتِكَ لَا أَزَالُ أُغْوِي عِبَادَكَ مَا دَامَتْ أَرْوَاحُهُمْ فِي أَجْسَادِهِمْ، فَقَالَ اللَّهُ تعالى: وَعِزَّتِي وَجَلَالِي لَا أَزَالُ أَغْفِرُ لَهُمْ مَا اسْتَغْفَرُونِي»

Iblis berkata, "Ya Tuhanku, demi keagungan-Mu, aku akan terus-menerus menyesatkan anak Adam selagi roh berada di dalam tubuh mereka." Maka Allah Subhanahu wa Ta'ala ber-firman, "Demi Keagungan dan Kebesaran-Ku, Aku terus-menerus memberikan ampunan bagi mereka selagi mereka memohon ampun kepada-Ku.".


Perbanyak istighfar dan kembali kepada Allah.


Walhamdulillah
Muhammad Rifqi ad Dayaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar