Jumat, 06 Desember 2019

Pahala membaca al-Qur'an


Baca al-Qur'an, satu kebaikkan dibalas dengan sepuluh kebaikkan yang semisal dengannya. 


عن ابن مسعود -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: «مَنْ قَرَأ حَرْفاً مِنْ كِتاب الله فَلَهُ حَسَنَة، والحَسَنَة بِعَشْرِ أمْثَالِها، لا أقول: ألم حَرفٌ، ولكِنْ: ألِفٌ حَرْفٌ، ولاَمٌ حَرْفٌ، ومِيمٌ حَرْفٌ».
[صحيح.] - [رواه الترمذي.]

Dari Ibnu Mas'ûd radhiallahu 'anhu beliau berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitabullah ( al-Qur'an ) maka baginya satu kebaikkan, dan satu kebaikkan di balas dengan sepuluh yang semisal dengannya, aku tidak mengatakan Alif lãm Mîm satu huruf, akan tetapi; Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf". HR. At Tirmidzi di Shahihkan Syekh alalbâni rahimahullahu ta'ala.

📌 Dalam hadits ini Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengkhabarkan bahwa siapa saja dari setiap muslim yang membaca satu huruf dari ayat al-Qur'an maka balasannya sepuluh kebaikkan, maka ini nikmat yang sangat besar, hendaknya bagi kita memperbanyak membaca al-qur'an.

Tentu maksudnya membaca dengan bacaan shahih, dengan mengharap pahala semata, maka yang seperti akan diberikan pahala seperti yang di janjikan dalam hadits tersebut. masuk didalamnya orang yang menghafalnya, muroja'ah atau selain dari itu.
Dan masuk juga didalamnya pahala membaca ayat BASMALAH.

Sebagaimana para Ulama lajnah dâimah lil Iftâ mengatakan :
"Basmalah satu ayat tersendiri pada awal setiap surat, selain pada surat taubah, dan juga bukan termasuk dari surat alfatihah [ sebagaimana keterangan dalam banyak hadits,] dan bukan juga termasuk dalam surat-surat yang lain, sebagaimana menurut pendapat para ulama yang paling shahih. akan tetapi ia ( basmalah ) termasuk sebagian ayat dari surat an Naml".
📚 Fatwâ Lajnah Dâimah [ 5/317 ]

Maka BASMALAH adalah ayat pemisah antara surat-surat al-Qur'an, yang di letakkan pada awal setiap surat, selain surat barôah, karena surat ini tidak ada pada awalnya ayat BASMALAH.


Faidah :
• Keutamaan membaca al-Qur'an
• Ikhlash dalam membaca al-Qur'an
• Basmalah termasuk ayat al-Qur'an yang tersendiri


Wallahu a'lam bis showab.
alhamdulillah

🖊 Di tulis di pondok durian,
Telangkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar