Rabu, 11 Desember 2019

Ketika Hujan Turun


🌧 Hujan



🌕 Kita sudah memasuki bulan-bulan yang tidak jarang angin, hujan dan petir.  maka alangkah baiknya kondisi yang seperti ini kita melihat dari sisi agama kita, agar benar dalam menyikapi, sebab ada yang belum faham, tidak mengerti bahkan mungkin tidak tau apa yang harus di lakukan atau di katakan; sangat miris kadang, muncul ucapan-ucapan separti ;
Hujan terusss...atau menyumpahi hujan, waktu, dan keadaan. ini sering kita dengar !!

💡Maka, *sebagai pegangan;*
bahwa setiap apa yang di taqdirkan Allah pasti ada tujuan dan hikmah yang agung nan mulia.

Satu di antara apa yang menjadi ketentuan Allah adalah; Hujan, Allah _subhanahu wata'ala_ menamainya dengan rahmat, barokah, pensuci, dan ghaytsan, bahkan Allah jadikannya sebab yang menghidupkan, dan hikmah-hikmah yang lain.

⚡ Adakala dengannya Allah menunjukkan akan kebesaran-Nya, Allah ta'ala berfirman :

وَمِنْ آيَاتِهِ يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنزلُ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَيُحْيِي بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ (24) وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ تَقُومَ السَّمَاءُ وَالأرْضُ بِأَمْرِهِ ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً مِنَ الأرْضِ إِذَا أَنْتُمْ تَخْرُجُونَ (25)

_"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan air hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan perintah-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur)"._( QS. ar Rûm : 24-25 )

⚡Dan adakala dengannya Allah ta'ala menunjukkan atas keberhakkan-Nya untuk di ibadahi semata, yang tiada sekutu bagi-Nya. Allah jalla wa'alâ berfirman :

أَمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأرْضَ وَأَنزلَ لَكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَا بِهِ حَدَائِقَ ذَاتَ بَهْجَةٍ مَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُنْبِتُوا شَجَرَهَا أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ بَلْ هُمْ قَوْمٌ يَعْدِلُونَ (60)

_"Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran)"_.( QS. an Naml : 60 )

Faidah :

💫 Terdapat pelajaran dan petunjuk yang jelas, yang menggambarkan tentang hari berbangkit dan hari kiamat, oleh karenanya Allah ta'ala mengingatkan :

{إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ}

_"Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya"._ (Ar-Rum: 24)

💫 Diantara apa yang telah tsabit dalam sunnah ketika turun hujan ;  Ucapan :

🌱 (اللهم صيّبا نافعا) رواه البخاري.
💡 (اللهم صيبا هنيئا) صححه الألباني.
🌱 (مُطرنا بفضل الله ورحمته) رواه البخاري.
💡 (رحمة) رواه مسلم.

🚫 Jika khawatir membahayakan; ucapkan :

"اللهم حوالينا ولا علينا ، اللهم على الآكام (أي الهضاب) والظراب(أي الجبال) وبطون الأودية ومنابت الشجر" رواه البخاري .

💫 Boleh membasahi sebagian badan atau mandi dengannya, karena ia air yang barokah !

💫 Turun hujan di antara waktu mustajab dalam do'a, Rasul _shallallahu 'alaihi wasallam_ bersabda :

"ثنتان ما تردان: الدعاء عند النداء وتحت المطر" صححه الألباني.

"Dua waktu yang termasuk tidak di tolak : Berdo'a ketika adzan, dan ketika di bawah hujan".

💫 Hujan, kadang tidak bermanfaat bagimu ( menurut pandanganmu ), tapi bermanfaat bagi yang lain, manusia, tumbuhan dan binatang. maka, hakikatnya apa yang di taqdirkan Allah adalah kebaikkan !

💫 Dan adakala dengannya Allah ta'ala menunjukkan akan kemampuan Allah yang maha menghidupkan yang mati, dan sebagai penetapan adanya hari kebangkitan ! Allah ta'ala berfirman :

{ وَمِنْ آيَاتِهِ أَنَّكَ تَرَى الأَرْضَ خَاشِعَةً فَإِذَا أَنزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ إِنَّ الَّذِي أَحْيَاهَا لَمُحْيِي الْمَوْتَى إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ}

_"Dan sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya bahwa kamu melihat bumi itu kering tandus, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya tentu dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya Dia Mahakuasa atas segala sesuatu"._( QS. Fussilat : 39 )

💫 Maka, yang menghidupkan bumi setelah mati hanya dengan tetesan hujan, maha mampu untuk menghidupkan hati-hati manusia dengan apa yang telah diturunkan kepada Rasul-Nya berupa kebenaran semata !!


_Walhamdulilllahirobbil'alamîn_

🏡 Desa Telangkah
Saat turun hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar