Rabu, 20 April 2016

Tidak cuma dibaca....


📖 TIDAK HANYA DIBACA SAJA AKAN TETAPI...

عن النواس بن سمعان رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : يؤتى يوم القيامة بالقرآن وأهله الذين كانوا يعملون به في الدنيا تقدمه سورة البقرة وآل عمران، تحاجان عن صاحبهما. رواه مسلم
"Dari an Nawwãs iben sam'ãn radhiyallahu 'anhu beliau berkata : Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Di datangkan pada hari kiamat kelak al-Qur'an dan Ahlinya yang dahulu mereka mengamalkannya didunia, ( kemudian ) mendahuluinya surat al-Baqarah dan ãli Imron, membela shohib keduanya".HR. Muslim


🔮 Didalam hadits yang mulia ini Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengkhabarkan bahwa orang-orang yang dahulu saat didunia membaca al-Qur'an, kemudian mengamalkannya, maka akan membelanya kelak dihadapan Rabbunallahu 'Azza wajalla.
Sebuah keutamaan yang sangat besar......subhanallah.

🔎 Perlu diketahui bahwa Di dalam membaca al-Qur'an maka manusia terbagi menjadi dua golongan :

🔴 Golongan orang-orang yang tidak mengamalkannya, mereka tidak beriman akan kabar-kabar yg terkandung didalamnya serta tidak mengamalkan hukum-hukumnya.
Maka golongan yang seperti inilah al-Qur'an menjadi musuh bagi mereka.

🔵 Golongan orang-orang yang beriman dengan berita-berita yang terkandung didalamnya, membenarkannya, serta mengamalkan hukum-hukumnya. Maka golongan yang seperti inilah al-Qur'an menjadi pembela bagi mereka.

🗞 Sebetulnya Dalam hal ini Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengingatkan :
القرآن حجة لك أو عليك
"al-Qur'an menjadi pembela kamu atau musuh kamu". HR. Muslim

🗞 Demikian pula Allah telah berfirman :
كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته وليتذكر أولوا اﻷلباب
"Ini adalah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan barokah agar supaya mereka mentadaburi ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang memiliki pikiran".( shad ) : 29

🔐 Yakni memahami makna-maknanya serta mengamalkannya.

💡 Maka inilah faidah dari diturunkannya al-Qur'an :
Untuk dibaca serta mengamalkannya, beriman dengan kabar-kabar yang terkandung di dalamnya, mengamalkan hukum-hukumnya, melaksanakan perintah-perintah didalamnya serta menjauhi larangan-larangannya.

....اللهم اجعلنا من أهل القرآن
آمين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar