Minggu, 10 April 2016

Tidak ada lagi Nabi atau Rasul setelah beliau shallallahu 'alaihi wasallam


🚦Tidak ada lagi Nabi setelah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, beliau diutus kepada bangsa jin dan manusia, risalahnya umum untuk hamba-hamba Allah.

📜 Allah ta'ala berfirman :
ومآ أرسلناك إلا كآفة للناس بشيرا ونذيرا
"Dan kami tidaklah mengutus kamu, melainkan kepada manusia seluruhnya, sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan".( QS. Saba ) : 28


📜 Demikian pula firman-Nya :
قل يأيها الناس إني رسول الله إليكم جميعا
Katakanlah : "wahai sekalian manusia aku adalah utusan Allah kepada kamu semua"( QS. Al-a'raf ) :158

🌍 para nabi sebelum beliau shallallhu 'alaihi wasallam diutus secara khusus kepada kaumnya, sedangkan beliau diutus kepada manusia seluruhnya.
🌍 Demikian pula saat beliau menulis surat untuk para penguasa-penguasa pada waktu itu untuk mengajak kepada islam, maka ini menunjukan bahwa beliau diutus untuk ahlul ardh seluruhnya.

📜 Demikian pula firman Allah berikut ini yang menerangkan diantara sifat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah sebagai penutup para nabi dan rasul.

ما كان محمد أبآ أحد من رجالكم ولكن رسول الله وخاتم النبيين
"Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi".QS. Al-Ahzab : 40

🌍 Ayat yang mulia ini sangatlah jelas menerangkan kepada kita salah satu dari sifat Rasul Shallahu 'alaihi wasallam, adalah : nabi yang terakhir sebagai penutup para Nabi dan Rasul.

🌍 Jika ayat ini menjelaskan bahwa kenabian dan kerasulan sudah ditutup, maka secara otomatis agama yang dibawa oleh beliaupun telah sempurna.

💥 Oleh karenanya kaum muslimin tidak butuh lagi terhadap siapa saja yang datang setelah beliau baik yang mengaku sebagai nabi, atau mengaku sebagai pengikut Nabi sebelumnya, atau orang-orang yang mengajak untuk beriman kepada kitab samawi tanpa membedakan.

🚧 Karena al-Qur'an sudah ada, sunnah nabawiyah juga sudah ada, para ulama Rabbaniyyun juga banyak yang berdakwah kepada Allah diatas bashirah/ ilmu.

🌅 Maka agama yang dibawa oleh beliau kekal hingga kiamat tidak akan pernah bisa terganti, tidak akan pernah terhapus serta tidak akan pernah berubah; karena Allah 'Azza wa jallah telah menjadikanya cocok bagi setiap zaman dan tempat, serta menjaganya dari berbagai macam kekurangan dari segala sisi.

♻️ adapun syariat-syariat para nabi-nabi sebelumnya adalah sifatnya sementara untuk ummat-ummat mereka, kemudian Allah menghapus syareat tersebut dengan mendatangkan syareat yang baru yang mencocoki ummat setelahnya.( lihat : QS. Al-maidah : 48 )

🌍 Maka agama islam adalah agama yang sempurna, tidak butuh setelah Muhammad shallallhu 'alaihi wasallam seorang Nabi atau Rasul.

☝️Siapa yang berkeyakinan bahwa akan datang setelah Muhammad shallallhu 'alaihi wasallam seorang Nabi sungguh ia telah kafir kepada Allah dan keluar dari Islam.

🔥 Dan Nabi shallallah 'alaihi wa sallam telah mengabarkan bahwa akan datang para pendusta yang semuanya mengaku sebagai Nabi, sebagaimana diriwayatkan dari al-Imam al-Bukhary dan Muslim dari shahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.
"Akan datang sepeninggalku tiga puluh para pendusta, semuanya mengaku bahwa dirinya sebagai nabi, dan aku ( Rasulullah ) penutup para nabi tidak ada lagi nabi setelahku".

Maka keyakinan kaum muslimin terhadap beliau shallallahu 'alaihi wa sallam adalah :

🔵 seorang hamba dan utusan Allah
🔵 sebagai penutup para nabi dan tidak ada lagi nabi setelah beliau shallallahu 'alaihi wa sallam.
🔵 risalah yang dibawa oleh beliau menyeluruh umum untuk jin dan manusia.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وسلم

📝 كتبه : محمد رفقي
🏡 Lewu Telangkah, 2 Rajab 1437 H/ 10 April 2016 M

1 komentar: