Sabtu, 17 November 2018

Contoh teks khutbahtul hajah dan isi khatbah hari raya


إِنَّ الْحَمْد للهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ
شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلا مُضِلَّ لَهُ، وَمْنْ يَضْلُلُ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدُهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدَاً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ،  )

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya memohon pertolongan pada-Nya dan memohon ampun kepada-Nya, kita berlindung kepada Allah dari kejelekan jiwa-jiwa kita dan dari kejelekan amalan-amalan kita, barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang di sesatkannya maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad hamba dan utusan-Nya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (102)

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam".( QS. Ali Imran : 102 )

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا (1)

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan Kalian yang telah menciptakan kalian dari seorang diri, dan darinya Allah menciptakan istrinya; dan dari keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah. kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kalian saling meminla satu sama lain, dan peliharalah hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kalian". ( QS. An Nisa : 1 )

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا (70) يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا (71)

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar".( QS. Al Ahzab : 70 )

أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ خَيْرَ الْكَلَامِ كَلَامُ اللهُ تَعَالَى، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَة،ٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ.

Amma ba'd :
Sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah ucapan Allah ta'ala, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shalallahu alahi wa sallam, sejelek-jelek perkara adalah perkara yang diada-adakan, dan setiap yang di ada-adakan adalah bid'ah, dan setiap bid'ah adalah sesat, dan setiap kesesatan tempatnya di neraka.

'Idul Fitri 1440 H/ 2019

*Kandungan khathbah hari raya Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dari hadits Jâbir radhiayallahu 'anhu riwayat bukhari dan muslim.*

Khathbatul hâjah....

Kita sekarang berada di hari raya idul fitri, hari yang paling agung disisi Allah subhanahu wata'ala, pada ini kaum muslimin menampakkan syiar-syiar islam, persaudaraan, bersatu dan berkumpul pada saat hari yang sama, untuk saling mengenal, saling menyambung tali silaturahim, saling memberi ucapan selamat, saling mencintai dan saling berlemah lembut, saling memberi kelapangan dalam perkara-perkara mubah, ini semua bentuk syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan kepada kita semua, dari kemudahan melaksanakan ibadah puasa ramadhan dan idul fitri.

Dan semuany ini menunjukkan bahwa agama islam adalah undang-undang ilahiyyah, yang diturunkan Allah untuk kebahagian makhluk-makhluk-Nya.

_Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar walillahilham_

_Kaum Muslimin jama'ah 'idul fitri rahimakumullah..._

Di hari yang berbahagia ini, kami berwasiat dan mengingatkan dengan apa-apa yang diwasiatkan dan di ingatkan oleh Nabi kita Muahammad shallallahu alaihi wasallam pada 14 abad yang lalu.

Wasiat Pertama :

Bertaqwalah kepada Allah, yaitu dengan melaksanakan seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. karena Sorga yang seluas langit dan bumi di sediakan untuk orang yang bertaqwa. Allah subhanahu wata'ala berfirman :

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

"Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Tuhan kalian dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa".( QS. Ali Imrâm : 133 )

dan orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling taqwa.

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

"Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa". ( QS. Al hujurât : 13 )

Dan hanya amalan orang yang bertaqwalah yang diterima disisi Allah, Allah ta'ala berfirman :

إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa" ( QS. Al Maidah : 27 )

dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan jadikan jalan keluar dari segala kesempitannya, dan akan memberikan rizqi-Nya dari arah yang tidak sangka-sangka.

Wasiat yang kedua :

Hendaknya kita mentaati Allah subhanahu wata'ala, Allah-lah yang telah menciptakan segala yang ada, yang nampak maupun yang tidak nampak, manusia, jin, langit dan bumi  dan seluruh yang ada adalah ciptaan Allah subhanahu wata'ala, milik Allah, dan akan kembali kepada Allah subhanahu wata'ala, maka yang menciptakan segala sesuatu ini berhak untuk disembah dan di taati, Allah ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً (59)
"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Ra-sul-Nya, dan ulil amri di antara kalian. Kemudian jika kalian berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagi kalian) dan lebih baik akibatnya" ( QS an Nisâ : 59 )

Dengan mentaati Allah dapat meraih rahmat, keberuntungan yang besar, dikumpulkan bersama orang-orang yang di beri nikmat dari kalangan para Nabi, siddiqin, syuhadâ dan para sholihin, serta sorga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Allah ta'ala berfirman :

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kalian diberi rahmat". ( QS. Ali Imrân : 132 )

Allah subhanhu wata'ala berfirman :

 وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَداءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيقاً

"Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul-(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu nabi-nabi, para siddiqin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya".( QS. an Nisâ : 69 )

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهارُ خالِدِينَ فِيها وَذلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (13) وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خالِداً فِيها وَلَهُ عَذابٌ مُهِينٌ (14)

"(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam syurga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar. Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan"( QS. an Nisâ : 13 )

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

"Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar".(QS. Al ahzâb : 71 )

Sebaliknya barangsiapa yang Maksiat kepada Allah, maka baginya Neraka jahannam, kekal didalamnya, dan baginya adzab yang menghinakan, Allah ta'ala berfirman :

3) وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خالِداً فِيها وَلَهُ عَذابٌ مُهِينٌ (14)

"Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan" ( QS. an Nisâ : 14 )

dan Allah ta'ala berfirman :

وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا

"Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguhlah dia telah sesat dengan kesesatan yang nyata".(Al-Ahzab: 36)

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, walillahilham...

Wasiat keempat :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At tahrîm : 6 )

أنَّ رَسولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، قالَ: نَارُكُمْ جُزْءٌ مِن سَبْعِينَ جُزْءًا مِن نَارِ جَهَنَّمَ، قيلَ يا رَسولَ اللَّهِ إنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً قالَ: فُضِّلَتْ عليهنَّ بتِسْعَةٍ وسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا.

Dari Abu Hurairah radhiayallahu anhu bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Api kalian ini, yang dinyalakan anak adam hanya satu bagian dari tujuh puluh bagian api neraka jahannam.

Ada sahabat berkata : "Wahai Rasulullah, bukankah hal ini sudah cukup ? Beliau berkata : Sesungguh dia( Api ) lebih besar melebihi enam puluh sembilan bagian. Masing-masing memiliki panas seperti api itu". HR. Bukhari


Dari an Nu'man bin Basyir radhiayallahu anhma, aku telah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

إن أهون أهل النار عذاباً يوم القيامة لرجلٌ يوضع في أخمص قدميه جمرتان يغلي منهما دماغه، ما يرى أن أحداً أشدُّ منه عذاباً، وإنه لأهوندهم عذاباً، متفق عليه.

"Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan adzabnya pada hari kiamat adalah seorang yang diletakkan bara api dibawah tumitnya, kemudian mendidih otaknya" Muttafaqan alaihi

_*Wahai kaum wanita rahimakunnallah...*_ dengarkan apa yang disampaikan oleh Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam :

عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم صنفان من أهل النار لم أرهما قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونساء كاسيات عاريات مميلات مائلات رءوسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة ولا يجدن ريحها وإن ريحها ليوجد من مسيرة كذا وكذا

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Ada dua jenis penduduk neraka yang belum pernah saya lihat, suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor-ekor sapi yang mereka gunakan u tuk mencambuk manusia, wanita-wanita yang berpakaian (tetapi ) telanjang, durhaka, menggoyang-goyang kepalanya, kepala-kepala mereka seperti punak-punak sapi yang kering, mereka tidak masuk surga dan tidak mendapat wanginya, padahal wanginya itu dapat dicium dalam jarak sekian dan sekian.

Lihat di shahihul jami': 3693

Hadits ini teguran bagi wanita yang berpakaian, tapi telanjang dari sisi agama. Karena menyingkapkannya dan menampakkan kecantikan-kecantikan bukan pada tempatnya, memakai pakaian yang tipis hingga menampakkan apa yang di dalam dan di baliknya. Mereka memakai pakaian secaea dhahir, tetapi sebenarnya telanjang.

Maka, jadilah kalian para wanita-wanita sholehah, tunaikan hak Allah, taatilah suamimu dalam perkara yang baik, bersyukurlah atas segala pemberiannya, banyak-banyaklah berinfaq, jauhi ucapan-ucapan keji, fitnah, adu domba, menghasud dan mencela, jagalah kehormatan dan kemaluan kalian.

*_Allahu akbar, Allahu akbar, allahu akbar walillahilham_*

Kaum Muslimin jama'ah sholat idul fitri rahimakumullah...

Terakhir...Allah subhanahu wata'ala menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar, kehidupan yang baik di dunia dan akhirat.

Allah subhanahu wata'ala berfirman :

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka. (Al-Fath: 29)

Dan Allah subhanahu wata'ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (97)

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh —baik laki-laki maupun perempuan— dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik: dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan.( QS. An Nahl : 97 )


1. Bertaqwa kepada Allah.

2. Mentaati Allah subhanahu wata'ala.

3. Janji dan ancaman Allah subhanahu wata'ala.

4. Nasehat dan peringatan kepada kaum wanita, bahwa mereka paling banyak penghuni neraka. mencakup di dalamnya nasehat :
• Ucapan keji, kufur nikmat sebab masuk neraka.
• Bahwa shadaqah termasuk sebab selamat dari neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar