Rabu, 14 November 2018

Obat lelah di tengah hijrah

Assalamualaikum ustadz
Mohon nasehatnya.. Ada masalah selama saya berhijrah.

Dulu 5 tahunan sy bisnis yg kurang syar'i sampe mampu buka cabang 6 buah toko. Dengan kisaran sewa 15jt bahkan ada yg 50jt/tahun per toko. Semua bisa sy bayar tanpa kendala.

Nah sekarang selama hijrah sy cuma mampu buka 1 toko dan masalah besarx sy blm bisa menyisihkan sewa toko. Padahal januari ini harus bayar. Sy bingung dulu 6 buah toko tak pernah pusing utk bayar sewax, sdangkan sekarang 1 buah aja berasa berat banget.
Mohon nasehat dan motivasinya ustadz.

Wa alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh,

Baarakallahu fik akhil karim semoga antum sukses dunia dan akhirat, & semoga antum dan keluarga sehat wa afiat Aamiin ya rabbal'alamin, sebagai nasehat ana secara khusus untuk ana dan antum, pertama :
● Berusaha untuk menjadi orang yg taqwa kpd Allah, sebab orang yang paling mulia diantara kita disisi Allah orang yang paling bertaqwa.
● Terus saja berikhtiyar dan berusaha di barengi dengan do'a, dan prasangka baik saja kepada Allah, ini jelas ujian keimanan antum. Ana jadi ingat ucapan yang sangat berharga, yaitu ; semakin besar keimanan dan dekatnya seorang kepada Allah, maka semakin besar juga cobaan keimanannya, prasangka baik saja kepada Allah, Allah maha tau keadaan dan kebutuhan kita.
● ingat semakin terpepetnya seseorang dalam kehidupan maka semakin dekat seseorang dengan Allah, kebanyakan do'a di kabulkan oleh Allah dari orang yg terpepet.,
Mungkin Allah ingin antum banyak meminta, berdo'a kepada-Nya.
● terus saja berusaha tanpa putus asa di barengi dengan do'a dan ibadah.

● Ujian pasti datang, hadapi dengan sabar
Allah ta'ala berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,( QS. Albaqarah : 155 )

Dalam ayat yang lain :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ

Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji?( QS. Al an kabut : 2 )

● Perasaan takut miskin adalah pengaruh dari godaan setan, maka jangan sampai kita mengikuti pengaruhnya, tapi hendaklah takut kepada Allah dan teruslah berusaha dan berdo'a, Allah berfirman :

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.( QS. Al baqarah : 268 )

Dalam ayat yang lain Allah ta'ala berfirman :

إِنَّمَا ذَٰلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman.( QS. Ali Imran : 175 )

Wallahu a'lam bis showab

Muhammad Rifqi
Selasa 13 November 2018.
20:17 Wib 
Desa Telangkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar