Minggu, 10 Maret 2019

Do'a Nabi shallallahu alaihi wasallam setelah salam dari sholat shubuh



اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

"Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang baik, dan amal yang di terima".
Di keluarkan oleh Ibnu Majah, dalam kitab sholat, bâb mâ yuqâlu ba'dat taslîm, no 925. dan Imam an Nasâi dalam sunanul kubrâ, 6/31 no 9850, dan Ahmad 44/140 no 26521 dan no 26602 dan no 26700 dan no 26731, Hâkim 1/472. Di shahihkan oleh alal Bâni dalam shahih Ibnu Mâjah, 1/152 no 753.



Do'a ini yang setiap hari di ucapkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika selesai salam dari sholat subuh.

Waktu shubuh merupakan waktu awal menuju hari, maka seakan-akan do'a ini sebagai bekal dalam hari yang akan dilalui, dan sudah kita ketahui bersama kebanyakan manusia berharap mendapatkan rizqi di hari yang ia lalui, namun melupakan dua perkara dalam do'a di atas, yaitu ilmu yang bermanfaat dan amal yang di terima !

Beberapa faidah :

● Isyarat, hendaknya kita senantiasa tawakkal, berdo'a dan berdzikir kepada Allah dalam melewati hari-hari.

● Isyarat, ilmu lebih mulia dari pada dunia, lebih di dahulukan, dibutuhkan daripada dunia, dan isyarat bahwa ilmu ada dua; ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang tidak bermanfaat.

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dihati, yang membuahkan khasyyah dan rasa khauf kepada Allah ta'ala, sedangkan ilmu yang tidak bermanfaat adalah; ilmu yang di lisan yang tidak bisa mendatangkan rasa khasyyah pada seseorang.

● Terdapat isyarat, bahwa rizqi ada dua jenis, rizqi yang baik dan rizqi yang buruk.
Allah subhanahu wata'ala adalah Dzat yang maha baik dan Dia tidak menerima kecuali yang baik. Dan Allah perintahkan kepada para Nabi dan orang-orang yang beriman agar memakan makanan yang baik serta beramal sholeh. Karena diantara sebab terbesar terkabulnya do'a adalah memakan makanan yang baik.

● Terdapat isyarat, bahwa tidak setiap amalan yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah di terima di sisi Allah. Tapi yang di terima hanyalah amal yang sholeh, yaitu amal yang di dasari dengan keikhlashan semata, dan di atas petunjuk dan sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Maka ini adalah do'a yang sangat penting dan banyak manfaatnya, dan hendaknya seorang muslim mencontoh Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam menjalani kehidupan dunia ini

Alhamdulillahirobbil alamin.

Muhammad Rifqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar