Minggu, 10 September 2017

Ya Allah hamba memohon ketaqwaan


Akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa.

Dalam firman-Nya Allah menyebutkan :

{قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيلٌ وَالآخِرَةُ خَيْرٌ لِمَنِ اتَّقَى}

_Katakanlah, "Kesenangan dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa."_ (An-Nisa: 77)

Artinya, akhirat bagi orang yang bertakwa adalah lebih baik daripada kehidupan dunianya.

Makna ayat yang mulia ini mengandung pengertian hiburan bagi kaum mukminin dalam menghadapi kehidupan dunia ini, sekaligus menanamkan rasa suka kepada pahala akhirat serta menggugah mereka untuk berjihad.

di ceritakan bahwa ketika al Imam Al-Hasan Al-Basri _rahimahullah ta'ala_ membacakan firman-Nya: _Katakanlah, "Kesenangan dunia ini hanya sebentar." (An-Nisa: 77)_

Lalu beliau berkata, "Semoga Allah merahmati seorang hamba yang menilai duniawi dengan penilaian tersebut. Dunia ini semuanya dari awal sampai akhir, tiada lain sama halnya dengan seorang lelaki yang tertidur sejenak, lalu ia melihat dalam mimpinya sesuatu yang disukainya. Tetapi tidak lama kemudian ia terbangun dari tidurnya."

Abu Mishar mengatakan dalam bait-bait syairnya:

وَلَا خَيْرَ فِي الدنيا لِمَنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ ... مِنَ اللَّهِ فِي دَارِ الْمُقَامِ نَصيبُ ...
فِإِنْ تُعْجب الدُّنْيَا رجَالا فِإِنْهَا ... مَتَاع قَلِيلٌ والزّوَال قريبُ ...

Tiada kebaikan pada dunia bagi orang yang tidak mempunyai bagian pahala dari Allah di tempat yang kekal nanti. Jika dunia memang dapat membuat terpesona banyak laki-laki, maka sesungguhnya dunia itu kesenangan yang sebentar dan lenyapnya tidak lama lagi.

kemudian segala amal perbuatan kita akan di balas & tidak akan dianiaya sedikitpun

{وَلا تُظْلَمُونَ فَتِيلا}

dan kalian tidak akan dianiaya sedikit pun. (An-Nisa: 77)

Yakni, tiada sedikit pun dari amal perbuatan kalian yang dianiaya, melainkan semuanya pasti ditunaikan dengan balasan yang sempurna kelak.

الحمد لله رب العالمين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar